Pengertian, kelebihan serta kekurangan rooting pada HP android

Senin, Desember 29, 2014

Pengertian, kelebihan serta kekurangan rooting pada HP android


kali ini saya akan membagikan sedikit penjelasan mengenai Apakah Root dan Apa Kelebihan Serta kekurangannya? saat ini pengguna android sudah sangat menjamur, tercatat jutaan orang di dunia kini banyak yang memakai sistem operasi milik google ini.

Namun, walaupun demikian, ternyata banyak orang yang belum mengetahui apakah root itu, padahal seharusnya pengguna HP android harus mengetahui akan hal ini, dan banyak sekali orang-orang yang bertanya apakah root itu dan bagaimana cara rooting hp android. 

Disini saya tidak akan menjelaskan kepada anda tentang cara root HP android, karena setiap merk, dan tipe HP memiliki cara root yang berbeda-beda. Oleh karena itu, disini saya akan membagikan sedikit pengetahuan tentang rooting mulai dari fungsi, kelebihan serta kekurangannya. Hal ini bertujuan supaya sobat mengetahui apa saja yang akan sobat dapatkan setelah hp android sobat di root sehingga sobat juga telah tau mengenai konsekuensi yang didapat setelah hp android sobat di root, yuk simak baik-baik.

Apa itu Root Android.......... ?

Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux (termasuk android). Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. 
Root Android merupakan proses untuk mendapatkan kembali hak administratif terhadap devices yang kita gunakan. Sekalipun sebenarnya Android merupakan sistem operasi yang bersifat open source tapi kenyataannya kita tidak pernah diberikan hak penuh (root) untuk melakukan kegiatan yang terhadap devices yang kita miliki (nge-hack sistem handphone supaya kita  mempunyai akses ke account root tersebut ,jadi kitalah yang punya kekuasaan penuh pada HP android yang kita punya.)

Kenapa harus Android di Root ....??

Tujuan utama "rooting" adalah untuk mendapatkan kekebasan dan kontrol penuh terhadap Android devices yang kita gunakan. Apabila kita sudah berhasil melakukan "rooting" yang biasanya disebut dengan "rooted" maka kita bisa melakukan apa saja termasuk kegiatan "tweaking" untuk meningkatkan perfomance terhadap Android devices.
Dengan melakukan Root, pengguna dapat menambah, mengurangi maupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak pada sistem Android yang bila dalam keadaan standar (belum root) file-file tersebut tidak dapat di akses. Bila dianalogikan sistem operasi komputer Windows, fungsi root Android adalah memberikan hak administrator kepada pengguna.

Bagaiman cara Root Android.......???

Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang beredar di internet yang bisa digunakan untuk melakukan rooting, diantaranya : z4root, superoneclick, universal Androot, etc. Sebenarnya aplikasi-aplikasi rooting tersebut membungkus sploit yang bisa melakukan rooting, diataranya : rageagainstthecage, psneuter, dll.


   Baca Juga : Cara Upgrate Zenfone 4 Lollipop

Prosedur yang digunakan untuk melakukan rooting sangat bervariasi tergantung dari devices Android yang dipergunakan. Sekalipun bervariasi tapi pada umumnya bahwa antara devices yang 1 dengan devices yang lain tidak terlalu berbeda cara melakukan rootingnya (-- saya telah mencoba pada 2 devices yang berbeda tapi cara melakukan rootingnya hampir sama sekalipun ada perbedaan)



Keuntungan Root Android



1.Peningkatan Perfomance

Dengan Root kita bisa memindahkan dan mengatur cache memory, melakukan over clocking. Sehingga Andorid devices yang kita gunakan bisa memiliki kecepatan kerja yang lebih baik.

2.Bisa Merubah "Core Application"

 Dengan Root Android kita bisa mengganti dan menghapus aplikasi-aplikasi "core" bawaan si Android, termasuk kebebasan untuk menambahkan dan memodifikasi tema baru, mengedit aplikasi inti yang sudah terinstall. Tidak itu saja, kita pun dapat melakukan backup dan recovery boot images, juga melakukan penambahan (instalasi) aplikasi berbasis Linux binary.

3.Bisa menambah Aplikasi sesuka hati

Banyaknya sekali aplikasi untuk Android yang beredar membutuhkan akes "root" pada waktu diinstall. Jadi aplikasi-aplikasi tersebut bisa diinstall jika Android devices sudah ter "rooted". Saya ambil contoh misalnya aplikasi : SSHdroid, Callblocker, rootSystemTools, dll

4.Bisa menginstall aplikasi ke SD-Card

Tidak dapat saya pungkiri lagi kelemahan yang ada pada Android, yaitu keterbatasan memori internal, keterbatasan media penyimpanan dan keterbatasan proses instalasi yang selalu menuju memory internal (bukan menuju SD Card atapun media penyimpanan yang lain). Maka kini saatnya Anda ?nge-root? untuk mengatasi masalah tersebut. Proses instalasi aplikasi bisa dilakukan ke media penyimpanan SD card ?-sekalipun aplikasi yang berbau sistemnya Android tidak bisa dipindahkan ke SD card ?- hihhiikksss... ;)

5.Bisa upgrade Android OS

Android yang sudah di root bisa melakukan kegiatan upgrade and update sistem yang dipergunakan oleh Android dan bisa mengatur Android ROM sesuai dengan kebutuhan kita sendiri..

6.Wifi or Bluetooth Ad-Hoc Tethering
Android devices kita ada akses internetnya maka akses internetnya itu bisa dijadikan HotSpot untuk orang lain.

7.Back Up Full Android
Dapat melakukan Backup aplikasi dan system sehingga ketika ingin melakukan install ulang atau reset pabrik kita tidak perlu mencari, mendownload lagi.

Kekurangan Root Android :

1. Garansi HP hilanng : Semua vendor ponsel mengatakan bahwa HP android yang telah di root akan hilang masa garansinya, hal ini dikarenakan dengan kita telah me-root hp android kita, kita sudah mengotak-atik file system pada sebuah HP android sehingga vendor tidak mau bertanggung jawab apabila ada kerusakan HP android yang telah di root. Namun jangan khawatir, HP android yang sudah di root bisa kok dikembalikan dalam kondisi semula (unroot). Sehingga HP android masih memungkinkan untuk mendapatkan garansi kembali.
2. Rentan terhadap Virus dan Malware : Untuk masalah ini sepertinya sobat juga harus tau, dan harus tetap waspada untuk tidak sembarangan menginstal program pada hp android sobat, dan jangan lupa untuk memasang antivirus yang dapat sobat instal dari google play seperti : avast, dll.



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔