Laporan DBMS (Visual Foxpro)

Sabtu, Oktober 18, 2014
Makalah
DBMS (VISUAL FOXRPO)


Disusun oleh


Rijalul Khairy
Timotius
Yudha Haripratama






XI RPL 2
SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh
2014

DBMS
(VISUAL FOXPRO)
 SUMBER
TGL (JAM)
Industri pembuatan
http//:BELAJARBERSAMA-SAMA .blogspot.com
15 oktober 2014
(14pm)
fitur
http://adiansusanto.blogspot.com/2011/12/microsoft-visual-foxpro.html
15 oktober 2014
(14pm)
Diagram
http://www.sybase.com
15 oktober 2014
(14pm)
Kelebihan dan kekurangan
Html://BELAJAR BERSAMA-SAMA  Sejarah Visual FoxPro.htm
15 oktober 2014
(14pm)



















VISUAL FOXPRO

1.                  INDUSTRI PEMBUATAN
Fox Software adalah perusahaan yang pertama kali mengembangkan program Aplikasi FoxPro. Pada awal pengembangannya, tahun 1984, FoxPro lebih dikenal sebagai FoxBASE. Fox Software bergabung dengan Mocrosoft pada tahun 1992 dan program aplikasi yang dikembangkannya semakin disempurnakan serta mulai menggunakan label Visual.
FoxPro versi terakhir (2.6) mampu berjalan dibeberapa platform Sistem Operasi, yakni Mac, DOS, Windows dan Unix. Visual FoxPro 3.0, versi pertama yang berbasis visual, hanya bekerja di lingkungan Mac dan Windows. Pada versi berikutnya, Visual FoxPro lebih dikembangkan untuk hanya bekerja di lingkungan Windows.
Meskipun demikian pada akhir tahun 2002 Visual FoxPro pernah didemontrasikan mampu berjalan pada Sistem Operasi Linux. Namun hal tersebut menuai protes dari Microsoft sendiri. Microsoft mengklaim bahwa penyebaran atau penggunaan Kode Foxpro pada mesin non-Windows merupakan pelanggaran terhadap EULA (End User Licence Agreement). Terlepas dari klaim Microsoft tersebut, kejadian tersebut menunjukkan kehandalan Microsoft Visual FoxPro yang ternyata tetap bisa berjalandi platform Sistem Operasi selain Windows.
Sejak dikembangkan dengan versi visualnya, Visual FoxPro telah terbukti menjadi tool dan solusi yang tepat untuk membangun aplikasi database secara cepat dan handal. Visual FoxPro mampu menangani berbagai tipe database. Bahkan perangkat lunak pemprogramman yang berbasis objek ini juga menyediakan databasenya sendiri, baik berupa Database Container (DBC) maupun Free Table (DBF).
Para pengembang yang menggunakan Visual FoxPro juga dapat menemukan serangkaian tool yang dibutuhkan untuk mengatur database tersebut dari mengorganisasi tabel, menjalankan query dan membuat sistem pengelolaan relasi database yang terintegrasi. Bahkan tersedia fasilitas wizard dan builder yang dapat dimanfaatkan oleh pengembang ataupun programmer pemula untuk membangun aplikasi secara cepat dan mudah.
Visual FoxPro 9.0 merupakan sarana pemrograman yang handal dan banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggabungkan sisi efisiensi dan nilai estetika pada sebuah aplikasi. (Sumber: http//:BELAJARBERSAMA-SAMA .blogspot.com)

2.                  Fitur
a.      Active Accessibility Support
Active Accessibility Support akan mempermudah aplikasi untuk diakses dengan peralatan eksternal seperti screen readers, voice recognition dan lain-lain.
b.      OLE DB Provider
Aksesibilitas dengan OLE DB Provider akan memudahkan program diakses oleh client yang berbasis non- Visual FoxPro.
c.       Integrated XML Support
Fitur ini akan mempermudah merepresentasikan data Visual FoxPro sebagai XML dan melakukan impor data XML ke dalam tabel Visual FoxPro.


d.      Database Events
Fitur ini akan mempermudah pemakai melakukan pengontrolan dengan kode program yang dieksekusi ketika database dibuka, ditutup dan dimodifikasi.
e.       Document View
Fitur ini akan menampilkan dan mempercepat navigasi pada prosedur, fungsi atau metode pada source code.
f.        Dockable IDE Windows
Dilengkapi dengan Dock common tools seperti data session dan debug windows yang akan membantu menelusuri aliran program. (Sumber : http://adiansusanto.blogspot.com/2011/12/microsoft-visual-foxpro.html)

3.                  Diagram
 Sumber : http://www.sybase.com)



 Kelebihan dan kekurangan
 a.            Kelebihan Visual Foxpro 9.0
  •  Simpel
  •  Fitur lengkap
  •  Punya database sendiri yaitu DBF
  •  Akses ke database internal mudah
  •  OOP murni sejak versi 6.0
  •  Dinamis
  •  Akses ke library eksternal mudah
  •  Sederhana
  •  Tidak memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi

b.            Alasan Kelebihan Visual Foxpro 9.0:
                        I.     Alasan pertama, Visual FoxPro is Data Centric Language artinya VFP adalah suatu bahasa pemrograman yang sudah dioptimalisasi penggunaannya untuk pengolahan database. VFP juga mendukung transaction processing secara native, Data Dictionary Support, dan SQL ANSI 92 Standard Syntax.
                     II.     Alasan kedua, Visual FoxPro is Object Oriented Programming … mungkin bagi sebagian orang, pemrograman berorientasi obyek bukanlah barang baru, tetapi ini adalah salah satu nilai lebih yang dimiliki oleh Visual FoxPro dibandingkan dengan dengan pemrograman lain VFP sudah berorientasi obyek sejak pertama kali diperkenalkannya Visual FoxPro 3 di Windows 3.1.
                  III.     Alasan ketiga, Visual FoxPro is extremely fast database engine … seberapa cepat VFP dapat berlari?
                  IV.     Alasan keempat, Visual FoxPro is remote access data … VFP mendukung untuk mengakses data diluar dari database native yang dimilikinya, seperti Microsoft SQL Server, Oracle, mySQL, PostGreSQL, Thunderbird, Access dan lain sebagainya dengan menggunakan koneksi ODBC dan ADO.
                     V.     Alasan kelima, Visual FoxPro is excellent RAD tools … dimana dengan kemampuan OOP yang dimiliki oleh VFP, kita dapat membangun sebuah aplikasi yang cepat berdasarkan class yang sudah kita bangun sebelumnya. Bahkan kalau seandainya ada perubahan interface atau business rules, dengan mudah kita ubah berdasarkan classnya. It’s really Rapid Application Development Tools.
                  VI.     Alasan keenam, Visual FoxPro is COM Based Complaint … merupakan standar komponen yang dapat digunakan oleh bahasa pemrograman lain yang juga COM Based Complaint, sehingga memungkinkan suatu proyek aplikasi yang besar dibuat lebih dari 1 bahasa pemrograman … sebagai contoh, modul inventory dibuat dengan VFP, modul sales dibuat dengan Delphi, sedangkan menu utamanya dibuat dengan Visual Basic.
               VII.     Alasan ketujuh, Visual FoxPro is web-enabled … membuat aplikasi berbasis web bukanlah sesuatu yang sulit bagi VFP, dimana VFP menyediakan fasilitas FoxISAPI sebagai penghubung VFP dengan Web-Server. Atau jika ingin menggunakan fasilitas ASP atau ASP.NET.
            VIII.     Alasan kedelapan, Visual FoxPro is backwards compatibility… hal ini memudahkan bagi rekan-rekan programmer yang masih menggunakan FoxPro for Dos/Windows untuk beralih ke VFP, karena syntax yang biasa sudah dikenal di FoxPro for DOS/Windows masih dikenal dengan baik oleh VFP sehingga memungkinkan aplikasi yang dibuat dengan FoxPro for DOS/Windows dapat berjalan dengan baik di VFP (dengan sedikit perbedaan di tampilan layar, mengingat VFP sudah menggunakan fasilitas Windows GUI 32Bit).
                  IX.     Alasan kesembilan, Visual FoxPro is flexible & easy to use … kalimat ini bukan sekedar jargon, tetapi memang benar-benar mudah menggunakan VFP, bahkan bagi seseorang yang tidak mengerti bahasa pemrograman sekalipun. Lebih dari selusin Wizard yang disediakan oleh VFP untuk mempermudah pemakai menggunakan fasilitas didalamnya, dari Wizard membuat tabel hingga Wizard membuat aplikasi berikut interface-nya.
                     X.     Alasan kesepuluh, Visual Foxpro is supported by Microsoft … microsoft memiliki komitmen untuk terus mengembangkan Visual Foxpro.

c. Kekurangan Visual Foxpro 9.0
·         Tidak tersedia tipe data pointer
·         Tidak bisa digunakan untuk membuat OCX
·         Pengembangan versi sekarang sudah terhenti di versi 9.0
·         Pembuatan report yang belum mengimplementasikan OOP (direncanakan akan diimplementasikan di VFP 9)
·         Menu-designer yang juga belum mengimplementasikan OOP.Semoga membantu temen-temen dalam mempelajari VFP
(Sumber : Html://BELAJAR BERSAMA-SAMA  Sejarah Visual FoxPro.html)


Share this :

First
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔